Langsung ke konten utama

LONG MARCH 2013

Cerita ini berawal dari kegiatan Pramuka Ambalan SMAN Tempeh, berhubung aku masuk dalam Tim DA Smata jadi aku wajib iku LongMarch ini. LongMarch? Aku sih gak begitu tau apa arti Longmarch tersendiri. Menurutku gak beda jauh sama Jelajah Medan. Cuman kalo longmarch lebih jauh perjalanannya.Namanya aja LongMarch kan jalan panjang. Long berarti panjang dan March berarti maret. Jadi Longmarch adalah Jalan panjang di bulan Maret, hehehe Ngarang sih siapa tau bener :D.  SMATA mengadakan Longmarch setiap 1 tahun sekali. Ini kegiatan tahunan Dewan Ambalan Smata. Smata juga mengundang Ambalan dari SMA lain se kab Lumajang. Longmarch merupakan kegiatan untuk mempererat solidaritas sebagai Dewan Ambalan. YUuk mulai curcolnya....

23/02/2013
Pukul 02.00 siang aku terjun mempesona tepat di depan gerbang  SMAku tercinta. Sambil nungguin Mobil Jemputan dateng (sebut saja Kol) aku dan temen2 menggosip ria :D biasalah cewek. Mobil sudah dateng saatnya move on menuju Lapangan Kamarkajang letaknya di Desa Candipuro. Sampai disana ternyata Pembina masih belum datang. Sempet risih sih udah jam 3 sore tapi kok belum di mulai2. Aku sama mbak Dita mencoba menghubungi Pembina kami. Selang beberapa menit akhirnya pembina kami udah dateng. Pembukaan Longmarch pun di laksanakan dengan hikmat.Yeeay betapa senangnya kami menapakkan langkah pertama dengan Rute :Lapangan Kamarkajang-Desa Pasirian-Home Stay GrandMother of the our leader- Pantai Bambang - Watu Pecak -Desa Selok- Dan berakhir di SMATA. Penjalanan itu berkisar kurang lebih 7 km.

Desa Candipuro
entah apalah namanya itu menurutku sih desa candipuro. aku satu kelompok sama niken, siska, syeril, mbak eva, mbk dwita, mas yogi, dan kawan-kawan (ingetnya cuma itu doang). kami berjalan satu deret vertikal kebelakang. maklum lah di jalan gede gak harus teratur. kami menyusuri jalan raya desa candipuro yang terlihat sepi hanya ada beberapa pengendara motor dan mobil bahkan truck yang berhilir di jalan raya itu.  tak lupa kami bergegas menuju ke Masjid yang setiap tahun pasti sama kami berhenti untuk menunaikan shalat Ashar. 
Penampakan DA kece SMATA narsis di Masjid :D


Kelompok 1 mulai melajutkan perjalanan. Jpreett (aku yang motret jadi aku gak ada :( )
Usai shalat ashar kami pun malanjutkan perjalanan. setapak demi setapak kami lalui. Rasa letih itu berlalu begitu saja sedang kami asik mengobrol bercanda ria. eitz ada penampakan lagi Taraaa...
penampakan bidadari surga yang abis mandi garam campur lemon alias keringet :D

Kami terus melangkah di urutan terakhir ini meskipun kelompok kami yang awalnya di urutan ke dua hingga pada akhirnya kami memilih jalan pelan-pelan saja. Rasa lelah pun mulai aku rasakan. tak sedikit dari kami yang memilih berhenti sejenak meminum air mineral yang kami bawa  hanya untuk sekedar melepas lelah. tak lebih dari 5 menit kami istirahat kamipun melanjutkan perjalanan yang katanya sudah dekat. tapi gak sampai-sampai. aku melirik jam tanganku ternyata sudah jam 7 malam. jalan itu tampak sepi, beraspal, tak ada rumah satupun, hanya di kelilingi sungai yang mengalir deras dan mungkin pohon-pohon serta bambu-bambu yang mengusik di malam itu. hanya lampu senter yang ku genggam menerangi langkah kami. aku dan temanku niken beserta karim berada di posisi paling belakang. di temani kakak pembina yang setia menungguku walau aku jalannya lambat. Lega rasanya ketika kami melihat Warung bakso di ujung sana. Tak sedikit teman-teman DA yang menyantap bola bola enak dan ada juga yang sekedar duduk bersandar dengan menjulurkan kaki hanya untuk merengangkan otot kaki yang sudah berapa kilo kaki ini ku paksakan berjalan. 
efek capek banget motret obyek gak karuan :D
Kakak Pembina pun memberi kode supaya kami melanjutkan perjalanan agar nanti tidur tidak larut malam. sekitar 2 kilo kami menuju ke Home Stay tak jauh dari warung bakso tadi. kami pun mendaran dengan anggun di home stay itu di sambut dengan sepiring nasi beserta lauk lodeh dan telur yang mancaaap enaknya. sangat lezat sekali aku melahapnya apalagi saat-saat lapar kayak gini.
aku langsung bergesas tidur agar besok bisa melanjutkan perjalanan dengan badan yang fit kembali. meskipun suara-suara yang melontarkan berartus kata dari mereka yang begadang yang membuat kami agak sulit tidur nyenyak. tapi aku lega bisa tidur malam itu walau hanya 2 jam. 

24/02/2013 06.00 WIB
Semua Persiapan sudah oke. perut sudah terisi. masker sudah ku genggam. Perlengkapan sudah siap. Readyy....!!!!! kali ini rutenya melewati tanah ber batu. Terik matahari membuatku memasangkan masker ke wajahku. Ah sial ! sunblock ketinggalan dirumah. bakalan gosong nih wajah !! ah gapaplah. cuek ajah. Kali ini hanya beberapa ratus meter aja aku sudah capek sekali beda sama kemarin sore. mungkin karena efek kepanan kale ya? aku harus tetap semangat !! dan semangat !!

aku punya bunga bagus ya :) *mbak dwita dan aku
Pukul 12 siang kami pun sampai di pantai bambang. sungguh baru kali ini aku merasakan lelah yang amat parah lelahnya. Sayangnya kami hanya istirahat sebentar saj kira-kira 20 menit. Usai mampir ke pantai Bambang kami pun melanjutkan perjalanan yang cukup membuatku bete. Di tengah teri panasnya matahari kami harus melewati rute yang tahu kami arahnya. kami pun mengikuti teman yang berada di depan kami. 

Watu Pecak
kami mengambil jalan pintas agar sampai dengan cepat ke watu pecak. menjelajah di daerah persawahan dengan menikmati pemandangan yang cukup mengobati rasa lelah ini.  
On the way to Watu Pecak (foto mekso iki rwek)

otw watu pecak


Kami pun beristirahat sejenak di pohon pinus tak jauh dari watu pecak. sayangnya kami tidak mampir ke watu pecak, hanya melewati saja. jam sudah menunjukkan pukul satu siang. kami meneruskan perjalanan. tak terasa botol air mineral yang kami bawa telah habis. pesediaan air kami tak ada. untungnya ada mas Dimas yang ngasih aku air minum. makasih ya :) . Ada juga anggota DA yang berpanen Salak. iihhiir akhirnya nemu salak jugak lumayan buat ganjel perut.

Kami melanjutkan perjalanan menuju rute terakhir yaitu SMATA. Yeaaayy tinggal satu lagi. AKU BISA AKU BISA !!!
ready go SMATA !!!

 
Sial jalanyang kami lewati sungguh tidak semulus yang kami harapkan. tanah tandus berlempung yang membuat aku sering kepreset. bikin sepatu tambah coklat :D waktu itu aku berada di posisi terakhir sama NIken dan Karim. kami jalan pelan-pelan tapi pasti :P kami beristirahat semau kami. sekitar lebih dari 10 gardu kami bersitirahat di jalan Selok itu. kami hanya bertiga lalu bertemu dengan anggota dari SMAPAS dan SMKENPAS. alhamdulillah aku bareng sama mereka. kami beristirahat dan jalan lagi. istorahat dan jalan lagi. begitu seterusnya. 

Betapa senangnya pas aku ngeliat sudah sampai di perbatasan Selok-Lempeni. aku mengucapkan syukur. rasanya sedikit lagi di fikiranku, eh tenyata aku masih harus melewati Jembatan Kali Pancing Dan Jembatan Mujur. Tak terasa tinggal sedikit lagi. Di depot Lina kami di panggil sama guru-guru pembimbing kami untuk mencicipi gorengan dan minuman disana. Leganya..- Kami pun melanjutkan perjalan. Alhamdulillah tas kami di bawakan oleh guru pembimbing kami. jadi enteng deh. Huuh tinggal sedikit lagi aroma Smata terasa.
tepat pukul 3 sore kami menginjakkan kaki si gerbang SMATA. kami di sambut oleh teman-teman kami yang sampai duluan. Aku mengucap syukur. Itu sungguh perjalanan terpanjangku. Berjalan kaki di malam hari dan Di Terik Panas matahari yang mencengkram. sungguh Istimewa. Aku pun tak sanggup untuk berkaca. entahlah mungkin wajahku sudah seperti roti bakar campur meses :| .
Setelah Penutupan dan Kini waktunya Pulang. Horeee. .
Nih oleh oleh dari Longmarch 
Brifet kebanggaanku :*
Berkat Longmarch aku makin menerti apalah arti menghargai, berusaha, tolong-menolong, kebersamaan, kesetiaan, perjuangan,dan banyak lagi.         
TerimaKasih kau mengajarkanku banyak hal :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BODOH?

Jadi gini, akhir-akhir ini aku sering mikir kalo aku itu bodoh. Iya memang aku bodoh. Tapi ada nggak sebenarnya potensi yang aku punya? Nah itu masalahnya aku belum menemukan, mungkin sih udah mulai agak ketemu apa potensiku, tapi masih belum yakin. Nah trus?  heheh  Entahlah, yang jelas aku gasuka sama itu, aku sukanya sama ini. Misal aku gasuka hal yang berhubungan dengan menghafal, tapi aku sukanya hitung-hitungan. Sering   aku menafsirkan kata bodoh itu dengan arti yang salah.Mungkin karena kurang belajar atau kurang terbiasa aku menjadi bodoh seperti ini. Atau mungkin gen yang mewarisiku memang bodoh dalam hal itu. Kan jadi mbulet gini. Ada orang bilang gini “Orang bodoh bukan berarti memang bodoh, bisa jadi dia pinter dalam hal lain” Sebenarnya, ada gak orang bodoh di dunia ini?   Apakah aku salah satunya? Dosenku pernah bilang setiap individu memilik potensi yang ia bawa sejak lahir. Kalo ga salah aliran nativisme yang bilang gitu.   I believe that… Aku p

Me

      Smart, Simple, Confident, Friendly wew seperti apakah sosok manusia setengah baik dan setengah cantik ini #haha. ini dia liputannya: I'm just a simple girl, friendly, smart and polite. I think to be something special begin from be a good friend first. lebih lengkapnya : saya hanya seorang wanita yang sederhana, polos, lugu, sedikit alay :D Eh cops :#, kadang jutek, kata orang sih gue baik hati tapi gue gak pernah besar kepala :) . #plaakk (eh alay lu bos), -Ramah : itu hal yang paling gue suka saat ketemu sama temen2 gue, ke alay.an gue muncul saat disitu. misalnya gue lewat depan kelas lain dan berkata kayak orang gak ketemu 5 tahun, ilang abis semedi di sumur, mandi 7 kembang  " Ris, kenapa lo masih hidup ?" . gue di tabok .  -Hhhmm Smart kata temen2 juga gue itu cerdas, cerdas gue tuh sederhana gak melebihi temen gue yang juara 1 di kelas, juga gak membawahi temen gue yang peringkat 1 dari bawah di kelas. ya sedang2 gituh.. gue kan adil boo